Saat ini bersama dengan seiring perkembangan teknologi, ada banyak sekali sesuatu yang bisa Coders lakukan untuk turut mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya adalah memahami belajar programming. Perlu Coders ketahui, program sangat penting untuk membantu sebuah web atau juga aplikasi.

Terlebih lagi saat ini hampir sebagian besar aktivitas Coders juga selalu memanfaatkan sebuah aplikasi dan juga situs website. Nah, jika Coders ingin terus mengikuti perkembangan dunia teknologi ini, paling tidak sudah mulai paham mengenai programming atau membuat sebuah program.

Apa Itu Programming?

Mungkin bagi Coders yang masih baru terjun ke dunia teknologi yang lebih rumit ini akan bertanya-tanya apa itu programming. Di dunia IT, istilah ini sangat familiar sekali dan bahkan menjadi ungkapan sehari-hari, karena aktivitas mereka tidak lepas dari istilah programming atau mendirikan program untuk aplikasi atau website.

Istilah lain yang sering digunakan adalah coding. Intinya programming adalah perintah yang Coders buat untuk memberitahukan komputer apa yang harus dilakukannya. Tanpa sebuah program maka komputer tidak akan bisa menjalankan perintah apa saja. Tapi dengan adanya program, maka komputer akan berjalan sesuai dengan apa yang Coders inginkan.

Setelah Coders membuat sebuah program lewat proses programming, maka akan ada sebuah instruksi yang dibuat untuk dijalankan. Susunan dari beberapa instruksi itulah yang membuat komputer bisa melakukan banyak hal seperti pada sebuah aplikasi atau website.

Penting sekali belajar programming agar Coders bisa mengikuti perkembangan dunia IT lebih maju lagi, apalagi dalam proses programming itu tidak mudah. Coders perlu sangat berhati-hati dalam menyusun kode-kode dalam bahasa pemrograman. Jika ada kode yang salah, maka komputer tidak akan bisa membacanya dan aplikasi atau web yang dibangun akan gagal.

Beberapa Bahasa Pemrograman yang Populer

Bagi Coders yang belajar programming, maka wajib untuk mengenal beberapa bahasa pemrograman di bawah ini. Bahasa ini adalah yang bisa dibaca oleh komputer, sehingga mampu melaksanakan perintah yang Coders buat. Berikut bahasa pemrograman yang populer:

1.      JavaScript

Pertama adalah bahasa pemrograman JavaScript. Sebenarnya Coders pemula bisa menemui contoh bahasa JavaScript ini dengan mudah. Biasanya muncul dalam bentuk animasi, tombol klik, dan juga pop-up yang tiba-tiba muncul.

Secara luas JavaScript sangat sering digunakan untuk membuat website yang menarik dan juga interaktif dengan berbagai fitur di dalamnya. Coders bisa mengkombinasikan JavaScript dan server-side language Node JS. Tujuannya adalah agar menjadi lebih maksimal. Nah, kombinasi yang lebih bagus lagi Coders bisa belajar HTML dan juga CSS.

2.      Java

Meski memiliki nama yang sama, tapi Java ini berbeda dengan JavaScript. Java merupakan bahasa yang bisa dijalankan pada banyak platform, seperti PC dan juga ponsel. Bahkan perlu Coders tahu, Java ini menjadi bahasa pemrograman yang paling terkenal.

Banyak yang menggunakan Java dengan alasan beberapa kelebihan yang dimilikinya, seperti bisa dioperasikan pada sistem operasi yang berbeda.

Selain itu library Java juga tergolong lengkap sekali dan memberikan banyak kemudahan bagi Coders yang sedang melakukan pemrograman.

Apalagi saat ini banyak sekali aplikasi Android yang menggunakan Java, sehingga Coders bisa mempelajari Java ini untuk membuat sebuah aplikasi Android yang menarik.

Baca Juga: Beberapa Software untuk Membuat Aplikasi Android

3.      C++

Ada juga bahasa C++ yang merupakan hasil pengembangan lanjutan bahasa C. Antara C++ dan juga C mempunyai sintaks pada penulisan yang cenderung mirip. Namun, keduanya ini tetap saja berbeda Coders.

Perbedaan terutama adalah pada penyelesaian masalah. Untuk C++, orientasi tertuju ke objek dimana pada masalah yang ada di bagi menjadi beberapa class, kemudian untuk C dalam penyelesaian masalah dibagi dalam sub masalah yang kecil atau prosedural.

4.      Python

Selanjutnya ada juga Python yang menjadi bahasa komputer paling berguna untuk semua komputer generasi terkini. Coders jika ingin membuat sebuah text, angka, data-data, dan lain-lain bisa menggunakan bahasa pemrograman Python ini. Bahasa ini juga digunakan oleh beberapa perusahaan raksasa dunia, seperti Google, YouTube, Nasa, dan lain-lain.

Namun, Python baru bisa diterjemahkan ketika program sudah mulai berjalan. Bahasa ini juga dikenal dengan istilah scripting karena hanya difungsikan pada bagian yang kecil. Tapi ada juga aplikasi yang menggunakan Python untuk hal-hal besar.

Penting sekali memahami beberapa bahasa pemrograman ketika Coders sedang belajar programming. Tanpa memahami beberapa bahasa komputer di atas, Coders akan kesulitan untuk mempelajari dunia IT.