Pada era digital, skill coding menjadi salah satu keahlian yang paling banyak dicari dan dibutuhkan oleh perusahaan, khususnya startup. Selain belajar secara formal di SMK ataupun kuliah jurusan Teknik Informatika, coding juga bisa dipelajari secara otodidak melalui sumber manapun, salah satunya melalui situs / website edukasi coding. Sudah banyak sekali situs yang menyediakan tutorial untuk belajar coding pemula.

7 Situs Gratis untuk Belajar Coding Pemula, Dijamin Auto Jago!

Jika anda tertarik dengan dunia coding dan juga ingin untuk mulai belajar secara otodidak, inilah 5 situs yang cocok untuk belajar coding otodidak.

  • Code Academy

Salah satu website yang menyediakan pengalaman belajar coding dengan menyenangkan. Terdapat berbagai project dan kuis untuk membantu aplikasi dari konsep yang diajarkan. Selain belajar bahasa pemrograman, ada pula forum diskusi, kamus bahasa pemrograman, serta artikel yang membantu memberikan informasi terbaru.

  • W3School

Situs belajar coding gratis dengan Bahasa pemrograman yang cukup lengkap. Anda bisa mulai dari belajar HTML, CSS, SQL, Phyton, JavaScript, hingga PHP di website ini. Salah satu kelebihan dari W3School adalam memiliki fitur Trylt Editor untuk melihat preview dari kode yang telah ditulis.

Selain itu, di w3school, kamu akan lebih terbanntu lagi karena situs ini menyediakan banyak source code gratis untuk membuat fitur web, mulai dari tabel, pop-up, login form, slider, dan fitur keren lainnya yang sangat dibutuhkan saat kamu mengerjakan sebuah project.

  • Codewars

Di situs ini, anda akan dipandu dan ditantang untuk menyelesaikan beberapa level. Semakin tinggi levelnya, maka tantangannya akan semakin kompleks. Jangan khawatir, akan ada banyak coder dari komunitas Codewars yang akan membantumu. Dan jika sudah menyelesaikan seluruh levelnya, maka anda juga bisa membuat challenge sendiri untuk coder lainnya!

  • EDX

edx.org adalah situs yang tepat untuk anda belajar coding pemula gratis. Sebagai salah satu situs belajar online populer yang memiliki kelas kelas dari kampus ternama seperti Harvard, EDX memberikan banyak sekali kelas termasuk kelas coding dasar. Untuk kursusnya gratis, tapi jika hendak mengambil sertifikasi ada harga yang harus dibayar.

Tertarik untuk belajar pemrograman otodidak? Baca juga artikel ini!
Belajar Pemrograman Secara Otodidak? Ikuti Tips Berikut Ini!

  • MIT Open Courseware

Dengan platform online ini, seolah olah anda menghadiri kelas MIT secara gratis! Sehingga jika hendak belajar di situs ini, harus disiplin mengikuti kelas, hingga mengerjakan tugas dan tes. Anda juga bisa mengakses perpustakaan MIT secara online untuk mendapatkan literatur terbarunya.

  • Coursera

Coursera adalah situs belajar coding online gratis yang menawarkan berbagai kelas pemrograman untuk pemula. Bahkan kelas pemrograman online yang disediakan Coursera punya kualitas yang setara dengan kurikulum perkuliahan. Kamu bisa mengambil beberapa kelas sekaligus, tentunya dengan pengaturan jadwal dan waktu fleksibel sesuai dengan kesibukan kamu. Menarik, bukan? Jika berhasil menyelesaikan kelas atau kursus di Coursera, kamu berhak mendapatkan sertifikat sebagai tanda telah menguasai bahasa pemrograman dari kelas yang kamu ambil.

  • Udemy

Ingin memperdalam ilmu dan keahlian tentang coding lewat kursus? Udemy bisa dijadikan tempat yang tepat buatmu! Sekalipun platform online ini adalah situs berbayar, mereka tetap menyediakan banyak kelas gratis dengan kelengkapan materi yang cocok bagi kamu yang ingin belajar coding level pemula.

Nah, itulah 7 situs online yang memberikan ruang belajar coding pemula secara gratis. Anda tertarik untuk mengikuti kelas yang mana nih?