> ONETWOCODE | Kursus Programming Dari Nol Dasar

Belajar pemrograman secara otodidak sangat mudah untuk dilakukan karena banyak sumber media yang bisa diakses saat ini. Informasi yang diberikan juga sangat cepat dan mudah diterima. Lalu, apa itu pemrograman?

Pemrograman merupakan seni yang menggunakan satu atau beberapa algoritma yang nantinya dihubungkan dengan bahasa pemrograman tertentu, sehingga menjadi program komputer. Belajar bahasa pemrograman sangat mudah, asalkan Coders serius dan tekun untuk belajar.

Bagi yang ingin belajar secara otodidak, ada beberapa tips yang harus diikuti agar sukses. Kami rangkumkan tips ini dari beberapa sumber profesional, sehingga lebih akurat dan sesuai dengan hasil yang diharapkan. Berikut tips-tips yang dimaksud:

Tips Belajar Tentang Pemrograman

1.      Tentukan Dulu Bahasa Pemrograman yang Mau Dipelajari

Bahasa pemrograman itu sangat banyak dan bahkan terus bertambah. Namun, tidak semua bahasa pemrograman dapat dipelajari secara bersamaan. Agar mudah, tidak ribet, dan hasilnya maksimal, Coders harus fokus pada satu bahasa pemrograman yang mau dipelajari terlebih dahulu.

Ada banyak bahasa pemrograman yang cocok dikuasai oleh pemula. Sesuaikan saja bahasa pemrograman yang ingin dipelajari dengan kemampuan yang Coders miliki. Dengan menggunakan tips ini, tentu saja akan lebih mudah untuk mengerti dan menguasai bahasa pemrograman tersebut.

Bagi yang baru memulai bahasa pemrograman, tidak ada salahnya menggunakan bahasa pemrograman HTML. Setelah menguasainya, boleh melanjutkan ke bahasa pemrograman lain yang lebih rumit.

Jangan puas dengan menguasai satu bahasa pemrograman saja. Coders harus terus meningkatkan keahlian bahasa pemrograman yang dikuasai

2.      Manfaatkan Modul atau Sumber yang Memiliki Tutorial Lengkap

Bagi yang ingin belajar pemrograman, sumber atau modul yang tepat sangatlah penting. Terlebih jika memutuskan untuk belajar secara otodidak. Modul yang dijadikan sumber juga harus lengkap dan rapi. Tujuannya agar proses belajar tidak sulit untuk dipahami.

Sumber belajar yang terpisah kadang membuat penggunanya menjadi bingung. Coders harus menemukan beragam tutorial yang mudah dipahami. Dengan tutorial lengkap dari sumber resmi, proses belajar bahasa pemrograman menjadi lebih mudah dipraktekkan.

Usahakan mencari modul yang menyiapkan tutorial atau materai secara lengkap untuk dipelajari. Untung saja kini sudah banyak web untuk belajar bahasa pemrograman di internet. Gunakan salah satu sumber tadi serta pastikan memilih sumber yang terpercaya dan resmi.

Baca Juga: Mau Belajar Programming? 4 Bahasa Pemrograman Ini Wajib Kamu Ketahui!

3.      Susun Jadwal Belajar dan Lakukan Secara Teratur

Bagi yang mau belajar secara otodidak mengenai pemrograman, ada baiknya menentukan jadwal belajar terlebih dahulu. Dengan jadwal ini, Coders dapat belajar secara rutin dan kelamaan akan terbiasa juga. Gunakan waktu setidaknya 2 jam untuk belajar pemrograman. Selama waktu belajar, jangan lakukan aktivitas lain.

Pastikan hanya fokus pada pelajaran pemrograman yang ada di depan mata. Dengan tips sederhana ini, Coders menjadi cepat mengerti dan mudah menyerap materai yang sedang ingin dikuasai. Untuk jadwal agar terlaksana dengan baik, gunakan Google Calender.

Dengan tools tersebut, proses belajar lebih tertata karena tools tersebut akan mengingatkan waktu untuk belajar jika sudah tiba waktunya. Kadang untuk belajar hal yang baru, ada beberapa orang yang membutuhkan sosok motivator, entah itu pacar, istri, atau suami.

4.      Harus Selalu Praktek Terus Menerus

Proses belajar yang sudah dilakukan juga harus dibarengi dengan praktek terus-menerus. Jadi, Coders jangan hanya menghafal bahasa pemrograman yang sudah dipelajari saja. Perlu pengulangan beberapa kali agar bahasa pemrograman ini dapat dikuasai dengan baik.

Akan sia-sia saja jika hanya membaca modul yang sudah dicari sebelumnya. Perlu praktek yang nyata untuk teori bahasa pemrograman yang sudah dikuasai tadi. Jika tidak, tentunya bahasa pemrograman tadi akan menguap begitu saja. Coders tentunya tidak mau hal seperti ini terjadi, bukan?

Ingat untuk menjadi seorang programmers, Coders tidak harus pandai membual atau berkata-kata. Pasalnya, yang paling penting di sini adalah praktek dan cara kerja yang berdasarkan keahlian masing-masing. Bahkan kadang seorang programmers malah seseorang yang suka menyendiri karena memikirkan ide program.

Belajar pemrograman memang di tahap awal akan terasa sulit. Terlebih bagi yang memulainya dari nol. Tapi dengan tekun, kerja keras, dan telaten, Coders dapat menguasai berbagai bahasa pemrograman. Dengan begitu, Coders dapat menjadi seorang programmers yang handal dan profesional.