Programmer pemula selalu bingung harus mulai pakai coding tools yang mana. Dan pertanyaan itu terus terulang setiap tahunnya. Selain mereka memang kebingungan, segmentasi market programmer baru terus bertumbuh setiap tahunnya. Itulah sebabnya kebutuhan informasi tentang rekomendasi coding tools untuk programmer pemula akan selalu ada dan dicari, termasuk kamu yang sedang membaca artikel ini.

Maka dari itu, untuk menghargai waktumu, kami telah mengkurasi 5 rekomendasi tools terbaik yang cocok digunakan untuk programmer pemula, baik itu yang ingin menjadi web developer maupun app developer. Semoga suka dengan salah satu coding tools di list konten ini ya!

Rekomendasi 5 Coding Tools yang Cocok untuk Programmer Pemula

Programmer pemula biasanya benar-benar tidak tahu apa nama coding tools yang harus mereka pakai dan kenapa mereka harus memilih tools tersebut. Oleh karena itu, 10 list coding tools dibawah ini bisa membantu menemukan apliksi yang tepat untukmu;

Visual Studio Code

Pertama, ada aplikasi Visual Studio Code. Aplikasi text editor ini sangat populer digunakan oleh banyak programmer. Jika penggunanya banyak, itu berarti ada banyak dokumentasi, panduan, artikel, hingga video edukasi yang bisa membantu programmer pemula dalam meniti karirnya sebagai junior programmer.

Visual Studio Code bisa dibilang punya keunggulan dari segi crossing platformnya, coding tools ini bisa diinstall tidak hanya pada sistem operasi Windows saja, tapi bisa juga diinstall pada Linux, MacOS, dan lainnya. Dan bagian menariknya, aplikasi ini gratis, mendukung banyak syntax bahasa pemrograman baik untuk web, aplikasi, hingga bahasa C# yang sering digunakan pada pembuatan game pun didukung oleh coding tools ini.

Notepad++

Mendengar kata Notepad mungkin tidak asing bagi pengguna Windows, siapa sih yang nggak tahu aplikasi bawaan untuk membuat catatan penting satu ini? Kabar baiknya, Notepad dikembangkan lagi oleh Microsoft menjadi coding tools atau text editor untuk membuat program dan dinamai Notepad++.

Keunggulannya, Notepad++ bisa menginstall banyak plugin dan memiliki tampilan jendela tab untuk membuka banyak file kodingan, keren ya! Meski desainnya terlihat sederhana, tapi jangan salah, Notepad++ mendukung banyak bahasa pemrograman, lho! Sebut saja javascript, C++, ruby, java, markup language (HTML), hingga stylesheet CSS didukung oleh coding tools ini.

Mau belajar programming dari nol dasar? Cek artikel dibawah deh!
Mau Belajar Programming? 4 Bahasa Pemrograman Ini Wajib Kamu Ketahui!

Sublime Text

Coding tools ketiga yang bisa digunakan programmer pemula adalah Sublime Text. Kode editor ini cukup fleksibel karena bisa diinstall di Windows, Mac, hingga Linux OS. Tampilan Sublime Text pun cukup modern dan ramah untuk pengguna. Jadi, programmer bisa menulis kodingan dengan nyaman. Dan tentunya coding tools satu ini; gratis!

Untuk memudahkan saat koding, Sublime Text memiliki fitur kombinasi warna sehingga programmer bisa mengetahui perbedaan syntax dari warna tiap kodenya. Bahasa pemrograman yang didukung pun cukup banyak seperti HTML, C++, C, C#, CSS, JavaJavaScript, ASP, dan masih banyak lagi.

Atom

Coding tools keempat ada Atom. Aplikasi text editor ini dikembangkan oleh GitHub (Platform yang digunakan banyak developer di seluruh dunia). Bahasa pemrograman yang didukung pun cukup banyak, yaitu HTML, CSS, Javascript, C#, Ruby, dll. Tampilannya user-friendly dan punya fitur-fitur unggulan yang tak kalah hebat seperti fuzzy finder, TextMate grammars, fast project-wide, dan file system browser. Kekurangannya, karena fiturnya yang cukup lengkap, para programmer perlu menyiapkan spesifikasi laptop atau pc yang mumpuni.

Xcode

Coding tools terakhir, ada Xcode. Kode editor ini bisa digunakan untuk membuat program dari Apple, yaitu iOS, iPadOS, macOS, watchOS, hingga tvOS. Xcode mengusung tagline memberikan pengalaman pemrograman yang menarik dan menyenangkan bagi siapa saja yang ingin menjadi iOS developer. Punya elemen, desain, dan rendering yang sangat berguna untuk developer. Jika kamu ingin menjadi iOS developer, coding tools satu ini layak untuk dicoba!

Kelima coding tools diatas bisa kamu pilih sesuai preferensi pribadi. Jika kamu pengguna Windows dan Linux, bisa pilih opsi No. 1-4. Sebaliknya, untuk kamu yang ingin menjadi iOS developer, Xcode akan sangat membantu proses koding kamu.

Tertarik untuk belajar programming? Ada baiknya kalau kamu mulai dari dasar terlebih dahulu. Kami memiliki kelas dasar programming yang sudah mencakup dasar yang dibutuhkan oleh orang awam untuk masuk ke dunia pemrograman serta kemampuan untuk beradaptasi ke berbagai bahasa pemrograman. Klik link dibawah untuk informasi selengkapnya mengenai kelas Intro To Programming dari Onetwocode Indonesia

Info Kelas Intro To Programming Onetwocode Indonesia