Berbicara tentang profesi seorang programmer, maka tak lepas dengan dunia pemrograman sebagai makanan sehari-harinya, bukan? Kebutuhan perusahaan akan sdm dibidang pemrograman pun kian meningkat, khususnya demand terkait bisnis sekarang harus mulai go digital dengan meluncurkan sebuah aplikasi mobile android.

Oleh karena itu sdm programmer flutter sangat dibutuhkan banyak perusahaan saat ini. Tidak heran banyak yang penasaran mengenai berapa besaran gaji seorang Developer Flutter perbulannya. Meski standar gaji developer flutter cukup beragam karena harus dilihat dari rekam jejaknya, skill, perusahaan yang menawarkan pekerjaan tersebut, dan aspek lainnya.

Gaji Developer Flutter di Banyak Perusahaan Startup Indonesia  

Profesi Developer Flutter diincar banyak perusahaan karena dinilai punya efisiensi yang bagus dalam pengembangan aplikasi bisnis perusahaan. Kenapa demikian? Karena perusahaan ingin menggaji satu sdm yang bisa membuat program aplikasi mobile android dan iOS sekaligus, flutter developer bisa memenuhi kebutuhan tersebut di dalam perusahaan startup.

Gaji Developer Flutter Berdasarkan Jenjang Karirnya di Perusahaan

Sekalipun profesi developer flutter masuk pekerjaan di ranah digital, tapi dari segi struktural gaji tak banyak berbeda dengan profesi mainstream lainnya. Oleh karenanya, kami membagi gaji developer flutter menjadi 3 bagian, yaitu;

1. Junior Flutter Developer

Di urutan pertama, semua flutter developer yang masih baru, atau fresh graduate akan menempati posisi sebagai junior developer. Struktural paling bawah yang pastinya akan dilalui semua developer dimanapun tempat kerjanya.

Penasaran kira-kira berapa gaji junior flutter developer di perusahaan startup Indonesia? Well, kisaran gajinya untuk junior developer flutter berkisar antara; Rp. 6.000.000 – Rp. 6.500.000.

Jadi sudah tahu ya kira-kira segitu besarannya kalau kamu menempati posisi junior sebagai developer flutter. Tenang, gajimu bisa naik kok seiring bertambahnya jam terbangmu di bidang ini.

2. Developer Flutter 2 – 5 Tahun Pengalaman Kerja

Tier menengah atau developer flutter yang sudah bekerja selama 2 hingga 5 tahun gajinya pun berbeda jauh dengan posisi sebelumnya, yaitu junior developer.

Jika kamu sudah bekerja lebih dari 2 tahun, gajimu sebagai developer flutter adalah Rp. 9.500.000.

Dengan nominal gaji sebesar itu, ada kenaikan sebesar 3 juta lebih dari posisi kamu sebelummnya. Masih mau naik gaji? Coba tengok gaji senior developer flutter

3. Senior Developer Flutter

Sesuai namanya; senior developer, gajinya pasti lebih tinggi dibanding dua posisi sebelumnya (junior & tier menengah). Penasaran berapa kisaran gajinya jika kamu berhasil menempati posisi ini di tempat kerjamu?

Senior developer flutter dihargai dengan gaji mulai dari Rp. 13.000.000 – Rp. 22.500.000 perbulannya. Bagaimana menurutmu?

Besaran gaji sebesar ini sudah lumayan tinggi dan semua kebutuhanmu bisa terpenuhi dengan mudah pastinya, ya!

Mau mulai membuat aplikasi android? Cari tahu beberapa software yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi android disini!
Mau Mulai Belajar Android? Berikut Beberapa Software untuk Membuat Aplikasi Android

Gaji Developer Flutter Berdasarkan Platform Marketplace Job di Indonesia

Selain data gaji struktural yang telah kita bahas, kamu pun bisa mendapatkan data lebih banyak lagi mengenai gaji developer flutter di berbagai tempat, salah satunya platform marketplace job yang dijadikan tempat andalannya para pencari kerja!

Di platform ini, gaji developer flutter punya angka yang tidak jauh berbeda antara satu perusahaan dan perusahaan lainnya, yaitu berkisar antara Rp. 6.000.000- Rp. 9.000.000.

Bagian yang membedakannya terdapat pada status kerjanya; pertama perusahaan yang mencari talent / pekerja penuh waktu (full time). Kalau mendapat posisi ini, gajimu sudah terjamin setiap bulannya.

Sedangkan yang kedua; pekerja kontrak. Kontraknya bisa tahunan (minimal 1 tahun). Jika mendapatkan status pekerjaan seperti ini, itu berarti begitu kontrak kerja berakhir, kamu tidak akan mendapatkan gaji lagi & harus melamar ke perusahaan lainnya untuk posisi developer flutter.

Apapun jenis status kerjanya, yang penting kamu bisa enjoy kerjanya, gajinya cukup, dan bisa dikelola dengan baik supaya semua kebutuhan tercukupi. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat buat kamu para calon developer flutter!

Tertarik untuk jadi Flutter Developer? Yuk ikut kelas Flutter Mobile Apps Development dari Onetwocode Indonesia! Klik link dibawah untuk info selengkapnya mengenai kelas Flutter Mobile Apps Development!

Info Lengkap Kelas Flutter Mobile Apps Development